Essential Oil atau Minyak Atsiri

Essential Oil minyak atsiri

Apa Itu Essential Oil Atau Minyak Atsiri

Essential Oil atau Minyak asiri menurut wikipedia dikenal juga sebagai minyak eterik (aetheric oil), minyak esensial (essential oil), minyak terbang (volatile oil), serta minyak aromatik (aromatic oil), adalah kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sampai memberikan aroma yang khas. Atau dalam Bahasa mudahnya Essential oil atau Minyak Atsiri adalah ekstrak tanaman yg bersifat konsentrat dan aromatik yg dihasilkan dari proses distilasi uap, cold press, atau penyadapan getah tumbuhan yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

essential oil minyak atsiri
Essential Oil Atau Minyak Atsiri

Sebagian besar orang memanfaatkan minyak dari konsentrat tanaman ini bagi beragam kepentingan, seperti kesehatan, kecantikan, sampai kebugaran. Melansir Women’s Health, essential oil atau Minyak Atsiri dapat digunakan dgn cara dioleskan maupun dihirup.

Essential oil atau Minyak Atsiri oles ini sekarang dapat ditemui dgn mudah dalam bentuk minyak oles, minyak pijat, krim, atau salep.

Minyak esensial yg sudah melekat di kulit dapat terserap sampai aliran darah. Sedangkan ketika dihirup, minyak esensial dapat digunakan dgn cara dihirup langsung, dihirup dgn difuser, atau Dapat juga dgn disemprotkan.

Disaat disemprotkan lewat udara, aroma yg terhirup dari minyak tersebut dapat menstimulasi sistem saraf pusat. Ada juga orang yg memanfaatkan minyak essensial dgn cara diteteskan ke liontin. Bandul tersebut kemudian digantungkan ke kalung dan aromanya Dapat dinikmati secara perlahan.

Mengurangi hormon stress. Melansir Web MD, minyak yg sudah digunakan sejak 1000 tahun sesudah masehi ini dibuat dari tanaman herbal yg diekstraksi dgn mesin press atau uap. Riset belum lama ini menunjukkan, 300 responden yg menghirup jahe, spearmint, peppermint, dan kapulaga diketahui tidak terlalu merasakan mual sesudah menjalani masa operasi.

Penelitian lain menunjukkan, minyak lavender dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol. Sementara, menghirup aroma sereh sebelum stres tiba datang terbukti dapat mencegah kecemasan. Studi juga menunjukkan, tea tree dan minyak oregano dapat melawan mikroba. Maka dari itu, bahan ini disebut ampuh mengatasi masalah ketombe, jamur kaki, serta menjadi obat alternatif antiinflamasi.

Manfaat Essential Oil

Sebagian Manfaat Essential oil atau Minyak Atsiri diantaranya:

  1. Merawat Inflamasi dan Rasa Sakit Pada Tubuh

Essential oil atau Minyak Atsiri ternyata juga bermanfaat bagi kulit dan wajah loh! Mulai dari tea tree oil bagi menghilangkan jerawat dan iritasi terhadap sinar uv atau sinar matahari, peppermint  atau chamomile bagi meredakan inflamasi otot, atau eucalyptus atau lemon bagi menyembuhkan sakit tenggorokan pada manusia. Oleh karena itu minyak esensial ini sangat sering dicari.

  1. Mengatasi Sakit Kepala dan Migrain

Mengoleskan minyak esensial peppermint dan campuran etanol pada pelipis maupun dahi dapat meredakan nyeri atau sakit kepala, hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yg dilakukan pada tahun 1990 an. Selain itu, bangsa Persia juga percaya bahwa dgn mengoleskan campuran chamomile dan minyak wijen ke pelipis dapat mengobati sakit kepala maupun migran. Akan tetapi, masih diperlukan adanya penelitian lanjutan bagi membenarkan ungkapan demikian.

  1. Mengembalikan Energi dgn Cepat

Secangkir kopi bagi mengembalikan sinergi dapat digantikan dgn menghirup minyak esensial yg beraromakan citrus dan peppermint. Citrus diyakini dapat meningkatkan mood dan energi seseorang, meredakan ketegangan yg dipicu dalam kecemasan, stress. Sedangkan peppermint dapat menaikkan performa olahraga seseorang.

  1. Dapat Membantu Agar Tidur Lebih Lelap

Insomnia atau susah tidur Dapat dialami oleh Sebagian orang. Kurangnya tidur membuat tubuh tidak fit dan tidak produktif di pagi harinya. Ada Sebagian cara yg biasanya dilakukan oleh sebagian orang agar dapat melakukan tidur nyenyak. Seperti mencium wewangian aromaterapi, menghangatkan tubuhnya, atau mungkin mandi terlebih dahulu. Kandungan yg terdapat di dalam minyak esensial dipercaya Dapat membantu tidur lebih lelap. Aromaterapi yg ada di dalamnya juga merilekskan sampai membuat tidur nyenyak.

  1. Dapat Meningkatkan Mood

Ada sebuah penelitian yg menyebutkan bahwa mencium rosemary dapat meningkatkan daya ingat sampai 75%. Sedangkan peppermint dapat mengembalikan daya ingat atau daya fokus seseorang. Salah satu penelitian juga mengungkapkan bahwa peppermint, basil dan helichrysum dapat memulihkan kelelahan dan kepenatan. Jika mood Anda sedang hilang disaat kerja atau banyak tugas yg menumpuk, maka pilihan minyak esensial ini Dapat Anda aplikasikan agar mood Anda dapat kembali meningkat.

Perlu Diperhatikan

Sebagian Hal Yg Perlu Anda Perhatikan Sebelum Menggunakan Essntial Oil/Minyak Atsiri:

  1. Aromaterapi Minyak esensial efektif digunakan dgn cara dihirup jika Anda punya masalah dgn saluran pernapasan dan gangguan suasana hati. Sebelum menggunakan essential oil atau Minyak Atsiri dgn dihirup, Anda perlu lebih dahulu menyimak ketentuan berikut: Petunjuk penggunaannya Hirup di ruangan yg punya ventilasi udara memadai Durasi antara 30 menit sampai 60 menit Penggunaan minyak esensial bagi anak-anak dan ibu hamil sampai disaat ini bergulir pro dan kontra. Sebagian menganggap aman. Namun ada juga yg tegas tidak merekomendasikan penggunaan essential oil atau Minyak Atsiri.
  2. Butuh diencerkan Minyak esensial butuh diencerkan bagi mencegah reaksi yg tidak diinginkan. Pengenceran mempertimbangkan usia pengguna, kondisi kesehatan, dan jenis bahan. Secara umum, pengenceran konsentrasi minyak disarankan dilakukan di bawah 5 persen. Sebagai ilustrasi, bagi konsentrasi 1 persen, teteskan 6 tetes minyak esensial ditambah 1 ons minyak pengencer. Sebagian bahan minyak wajib diencerkan, antara lain kayu manis, cengkeh, serai, jinten, lemon verbena, oregano, dan thyme.
  3. Uji di kasa Sebelum mengaplikasikan minyak esensial jenis oles, Anda disarankan melihat terlebih dahulu reaksinya dgn uji coba. Caranya: Cuci bersih bagian dalam lengan Keringkan Oleskan sedikit minyak esensial di situ Tutup dgn kasa Tunggu selama 24 jam Lanjutkan penggunaan jika sehari semalam tidak muncul reaksi seperti kulit memerah, gatal, melepuh atau bengkak.
  1. Pertimbangkan faktor usia sampai dosis Perhatikan faktor usia, kondisi kesehatan, penggunaan obat dan suplemen sebelum menggunakan essential oil atau Minyak Atsiri. Pertimbangkan juga komposisi kimia, kadar kemurnian, durasi penggunaan, dan dosisnya. Jika abai, Sebagian jenis minyak esensial disaat dipakai dalam dosis tidak tepat Dapat membuat Anda ruam. Sebagian bahan seperti jeruk, jeruk nipis, dan lemon dapat memicu alergi jika diaplikasikan sebelum terpapar sinar matahari.
  2. Bahaya jika asal pakai. Ahli saraf dan pakar aromaterapi Joie Power, PhD. menyampaikan, minyak esensial aman disaat digunakan dgn cara dan takaran yg tepat. “Tapi, saya juga sering mendengar bahayanya penggunaan essential oil atau Minyak Atsiri dari orang yg asal memakai,” tuturnya. Menurut Power, kadang saran penggunaan dari produsen juga tidak sepenuhnya tepat sampai dapat membahayakan konsumen.

Dia mewanti-wanti agar minyak esensial tidak boleh diminum dan dimasukkan ke mulut, vagina, atau lubang lendir lain. Cara penggunaan yg aman Melansir Health Line, agar penggunaan minyak esensial tidak membahayakan kesehatan, Anda perlu cermat.

Daftar Merek Essential Oil

Sebagian Merek Essential oil atau Minyak Atsiri Dipasaran diantaranya:

Essenzo, Mustika Ratu, Nusaroma, Bathaholic, Nares Essential oil atau Minyak Atsiris, Wangsa Jelita, Organic Supply Co. Haple.Id, Botanina, Eucalie, Sensatia Botanical, Young Living.

Essential oil atau Minyak Atsiri Premium

Essential Oil Essenzo

Mengapa Essenzo dikategorikan premium, karena produk-produk essenzo benar-benar 100% dihasilkan dari extract tumbuhan tersebut tanpa campuran bahan lainnya, sampai efek yg akan dirasakan sesudah pemakaian akan lebih terasa, dan andapun tidak akan ragu bagi memakainya sebagai pengobatan dan bukan hanya sekedar pewangi belaka yg banyak sekali dijual dipasaran, dimana orang awam banyak yg tidak mengerti dan tergiur hanya karena harga yg murah.

Ingat pepatah umum “Ada harga Ada kualitas”.

Essenzo menawarkan essential oil atau Minyak Atsiri blend, dan produk yg mengandung essential oil atau Minyak Atsiri degan level komponen-komponen alami spesifik yg terbaik guna memaksimalkan khasiatnya.

Ada banyak produk essential oil essenzo di web BisnosOL.com yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan untuk menjaga kesehatan keluarga anda

Tinggalkan Balasan